Pengetahuan

Fakta Unik Tentang Batik

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang wajib anda lestarikan. Salah satu caranya adalah dengan memakai batik dengan bangga. Motif batik dan corak busana kini semakin beragam. Jadi kamu tidak perlu bingung memilih baju saat datang ke acara. Batik bukan lagi sekedar pakaian formal. Batik juga bisa dikenakan saat suasana santai, tergantung seberapa baik Anda memadukan gaya Anda.

1. Penetapan Hari Batik Nasional

Semenjak tanggal 2 Oktober 2009 yang saat itu masih di bawah pemerintahan bapak SBY atau Susilo Bambang Yudhoyono. UNESCO telah meresmikan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non budaya (masterpiece of oral and intangible human heritage). Oleh karena itu, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober.

Keputusan yang diambil oleh UNESCO juga sebagai salah satu bukti jika batik berasal dari Indonesia. Karena besarnya potensi negara lain untuk mengaplikasikan batik sebagai warisan budaya mereka. Atas dasar itulah akhirnya Indonesia mendaftarkan batik ini sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

2. Asal muasal kata batik

Kata “Batik” berasal dari gabungan dua kata Jawa. Kata pertama adalah “amba” yang artinya menulis. Sedangkan kata kedua adalah “titik” yang artinya titik. Kemudian bila kedua kata tersebut disatukan maka akan muncul makna seperti tulisan jahitan yang indah pada kain tersebut. Sebab, corak kain batik juga sangat menawan.

3. Teknik pembuatan batik

Pada zaman dahulu, batik dilukis dengan tangan di atas kain. Selain itu, proses pembuatan batik selalu diawali dengan huruf “N”. Saat ini cara membatik adalah dengan menulis, stamping dan print. Harga batik tulis paling mahal. Karena proses produksinya manual dan membutuhkan waktu lebih lama. Sedangkan batik cap menggunakan besi yang sudah dibatik, kemudian dicelupkan pada malam hari. Sedangkan batik printing merupakan kain bercorak batik yang paling murah, karena memang menggunakan teknik sablon atau printing.

4. Batik merupakan kontributor devisa terbesar

Batik tidak hanya populer di negeri ini. Gaung batik juga sampai ke luar negeri. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya karakter asing yang mengenakan batik seperti Nelson Mandela hingga Kate Middleton dan juga Heidi Klum. Lebih lanjut, Diane von Furstenberg, Burberry Prorsum, Nicolle Miller dan Dries van Noten adalah beberapa desainer ternama dunia yang telah menggunakan batik untuk desainnya.

Ternyata, AS merupakan importir batik terbesar dari Indonesia. Mengikuti Jerman, Jepang dan Korea Selatan, sekaligus negara tujuan ekspor batik. Sebab, batik juga menjadi penyumbang utama devisa negara. Misalnya pada tahun 2105, nilai ekspor kain batik ke luar negeri mencapai Rp 2,1 triliun!

5. Batik adalah sumber mata pencaharian

Keterampilan membatik diwariskan. Wanita Jawa pada zaman dahulu menggunakan keterampilan membatik sebagai rezeki. Namun busana batik ini tidak sembarangan dikenakan oleh berbagai kalangan. Hanya segelintir orang yang bisa mengenakan batik. Hal ini juga berlaku untuk alasan tertentu yang hanya dapat digunakan oleh orang tertentu dan pada acara tertentu.

Selain itu corak, corak dan warna batik di setiap tempat memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini disebabkan oleh perbedaan flora dan fauna di setiap daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *