Uncategorized

INILAH PEMBAHASAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JASA OFFSET PRINTING

INILAH PEMBAHASAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JASA OFFSET PRINTING

Belum banyak yang mengerti tentang kelebihan antara digital printing dan offset printing. Kami akan membahas kelebihan dan kekurangannya. Pertama, Offset printing merupakan teknik cetak yang umum digunakan di mana gambar bertinta ditransfer (atau “offset”) dari piring untuk selimut karet, lalu ke permukaan pencetakan. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan proses litograf, yang didasarkan pada tolakan minyak dan air, teknik diimbangi mempekerjakan datar (planographic) pembawa gambar di mana gambar yang akan dicetak memperoleh tinta dari rol tinta, sedangkan wilayah non-cetak menarik sebuah film berbasis air (disebut “air mancur solusi”), menjaga daerah non-tinta cetak bebas. Modern “web” Proses feed gulungan kertas besar melalui mesin press besar di beberapa bagian, biasanya selama beberapa meter, yang kemudian cetak terus-menerus sebagai kertas makan melalui.

Dewasa ini, printing menjadi salah satu fungsi yang paling penting dalam proses pencetakan produksi prepress. Tahap ini memastikan bahwa semua file dengan benar diproses dalam persiapan untuk mencetak. Ini termasuk mengkonversi ke model warna CMYK yang tepat, menyelesaikan file, dan menciptakan piring untuk setiap warna dari pekerjaan yang akan dijalankan pada pers.

Berikutnya kami akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari offset printing dan offset digital printing, ini penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan teknik offset dan digital offset:

Kelebihan teknik cetak offset pada jasa offset printing:

  • Dapat mencetak dalam jumlah yang banyak di atas ribuan lembar, sehingga bila kuantitas yang akan dicetak semakin banyak, maka harga per lembarnya akan menjadi lebih murah.
  • Dapat mencetak pada kertas dengan tekstur yang kasar dan kertas bergramatur tebal hingga 300 gsm. Ukuran kertas yang digunakannya bisa lebih besar, yaitu hingga A1 atau A0.
  • Anda juga dapat mencetak dengan warna khusus seperti emas atau perak serta warna stabilo.

Kelemahan teknik cetak offset pada jasa offset printing:

  • Waktu produksi yang dibutuhkan lebih lama karena membutuhkan proses pembuatan film, pembuatan plat cetak dan penyetelan tinta pada mesin. Selain itu, karena tinta yang digunakan adalah tinta basah, maka dibutuhkan waktu untuk proses pengeringan.
  • Terdapat banyak sampah pada saat proses penyetelan warna berlangsung, sehingga kurang ramah lingkungan.

Berikut ini kelemahan teknik cetak digital offset pada jasa offset printing:

  • Warna bisa kurang konsisten jika untuk mencetak skala besar.
  • Hanya dapat mencetak hingga ukuran A3+ saja.
  • Hanya dapat mencetak dengan gramatur kertas maksimum 270 gsm.
  • Harga cenderung jauh lebih mahal bila mencetak dalam skala besar.

Selanjutnya, kelebihan teknik cetak digital offset pada jasa offset printing:

  • Dapat mencetak dalam jumlah yang sedikit, ratusan lembar ataupun hanya satu lembar.
  • Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati hasil mencetak melalui mesin cetak digital karena tidak membutuhkan pembuatan film atau plat cetak.
  • Harga yang lebih ekonomis untuk cetak skala kecil.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui dari teknik cetak offset printing dan cetak digital offset yang bisa anda ketahui. Penulis harap dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari jasa offset printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *