Lain Lain

Lonjakan Emas Terus Berlanjut Sebagaimana PDB Amerika yang Bolong

Kenaikan harga emas berlanjut karena investor beralih ke logam mulia dengan tujuan melindungi nilai dari inflasi di masa depan dan persaingan geopolitik yang sedang berlangsung. Data PDB lebih lanjut pada kuartal kedua menunjukkan peningkatan tingkat deflasi dan menurut berita forex hari ini menjadi ancaman bagi ekonomi AS.

Peristiwa ekonomi besar (minggu lalu)

  1. Barang Tahan Lama AS – Barang tahan lama merupakan indikator penting dari produksi industri dan belanja modal meningkat 7,3% di bulan Juni, mengalahkan konsensus pasar sebesar 7,0%. Elemen dasar yang tahan lama ini tidak termasuk peralatan transportasi seperti mobil dan pesawat terbang yang meningkat sebesar 3,3%, lebih rendah dari perkiraan 3,5%.
  2. CPI di Australia (q) – CPI di negara tersebut turun 1,9% pada kuartal yang berakhir Juni, sedangkan komponen “batas rata-rata” berada di -0,01%, yang diperkirakan akan lebih buruk. Meskipun angka kunci sedikit lebih baik dari perkiraan pasar di -2.0%, ini sebenarnya menunjukkan bahwa deflasi telah melanda perekonomian.
  3. Menunggu penjualan rumah di Amerika – perubahan jumlah rumah di bawah kontrak, sambil menunggu negosiasi ditutup sebesar 16,6%. Lebih baik dari yang diharapkan, bahkan mengalahkan perkiraan sebesar 15,6%. Suku bunga hipotek yang rendah ini dapat menjadi katalis untuk peningkatan.
  4. Kebijakan Moneter di Amerika – FOMC mempertahankan suku bunga tidak berubah. Mereka juga berjanji untuk mendukung ekonomi selama diperlukan, karena “arah ekonomi bergantung pada jalannya virus”.
  5. Setelah mengumumkannya pada konferensi pers, Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali bahwa Fed dan Kongres perlu memberikan dukungan tambahan. Pernyataan tersebut tampaknya mengindikasikan bahwa Kongres perlu bertindak cepat dan mendengar lebih banyak dari komentar April bahwa Fed hanya memiliki “kekuasaan untuk meminjam, bukan kekuasaan untuk membelanjakan.” Oleh karena itu, Powell mengatakan bahwa kejutan disinflasi dan tekanan inflasi belum terlihat.
  6. PDB Jerman (q) – Negara ini mengalami PDB yang lebih buruk dari perkiraan. Itu 10,1%, penurunan kuartalan terbesar yang pernah tercatat.
  7. Pertumbuhan PDB AS – Ekonomi AS turun tajam menjadi 32,9% selama periode Covid-19 yang merusak kuartal kedua, tetapi sedikit lebih baik dari -34,5% yang diperkirakan oleh pasar. “Indeks harga” berada di bawah -1,8% (konsensus 0%), yang menegaskan bahwa ekonomi terbesar dunia itu berpotensi di ambang lonjakan deflasi.
  8. Klaim Pengangguran di Amerika: Klaim pengangguran di Amerika melonjak menjadi 1,43 juta, menandai 19 minggu lebih dari satu juta. Ini jelas lebih rendah dari ekspektasi pasar, atau 1,44 juta.
  9. China Manufacturing (PMI) – China terus tumbuh karena PMI manufaktur yang dipublikasikan terbukti lebih baik dari yang diharapkan pada 51,1.
  10. PDB Kanada – Indikator aktivitas ekonomi bulanan merilis perkiraan 4,5%, yang lebih mudah mengalahkan perkiraan sebelumnya sebesar 3,5%.
  11. Indeks Harga Inti PCE AS – Harga indeks PCE Juni mencapai 0,2%, seperti yang diharapkan. Belanja konsumen, yang menyumbang 67% dari aktivitas ekonomi AS, naik 5,6% lebih baik dari yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *