Pengetahuan

Merokok saat Berbuka Puasa ternyata Berbahaya, Ini Alasannya!

Rokok kini sangat digemari oleh banyak orang tua apalagi remaja meskipun hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Rokok banyak mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya seperti karbon monoksida, nikotin dan tar. Dan hal ini tidak baik jika bahan kimia tersebut masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika kita dalam keadaan puasa. Mengapa rokok sangat berbahaya pada saat berbuka puasa? Berikut penjelasannya.

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan energi. Jika saat berbuka puasa, langsung menghisap rokok akan mengakibatkan beberapa efek yang akan terjadi pada tubuh. Seperti mual, muntah, kelelahan dan pusing yang hebat. Bahan kimia karbon monoksida pada rokok akan menggantikan kadaroksigen yang ada pada dalam tubuh, hal ini akan mengakibatkan tubuh kehilangan oksigen sehingga tubuh akan merasakan cepat lelah.

Merokok dalam keadaan perut yang kosong belum terisi apapun dapat mengakitbatkan resiko kanker paru-paru. Bahan kimia nikotin yang ada dalam rokok dapat terserap dalam tubuh dengan kapasitas yang cukup banyak. Selain itu, nikotin juga dapat menyebabkan beberapa dampak buruk untuk kesehatan seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung semakin cepat, dan aliran darah ke jantung akan menyempit serta adanya pergeseran dalam pembuluh darah. Ketika kebiasaan rokok masih sering dilakukan pada saat berbuka puasa hal ini akan mengakibatkan kondisi kesehatan akan lebih parah seperti serangan jantung. Bahaya lain dari nikotin adalah zat bahan kimia ini akan membuat ketergantungan pada rokok. Dan ketika terlanjur merokok pada saat berbuka puasa, zat ini akan menempel dalam tubuh selama 6-8 jam tergantung dari seberapa sering merokok.

Setelah membaca penjelasan diatas, masih ingin mengomsumsi rokok pada saat perut sedang kosong? Sebaiknya untuk hindari dari sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *