Lain Lain

Motif Batik Terbaru 2020

Motif batik terbaru merupakan bingkai yang melingkupi batik secara keseluruhan. Motif batik terdiri dari dua bagian yaitu ragam hias motif batik dan motif batik isen.

Motif truntum

Motif batik truntum merupakan motif yang didasarkan pada lambang yang berarti cinta. Berdasarkan cerita yang diawali dengan Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) dengan makna cinta tumbuh kembali. Motif ini ia ciptakan sebagai simbol cinta tak bersyarat, abadi dan lebih subur serta tumbuh dengan ikhlas atau disebut juga Tumaruntum. Banyak yang memakai motif ini pada orang tua kedua mempelai di hari pernikahannya, dengan harapan cinta akan datang pada kedua mempelai. Dan orang tua juga bisa membimbing calon pengantin dalam kehidupan baru.

Motif burung hantu

Motif Kawung merupakan simbol keberanian dan keadilan. Motif motif ini berbentuk bulat seperti buah kawung yang menyerupai buah kelapa atau disebut juga buah kolang-kaling yang berbentuk geometris dan rapi. Beberapa motif tersebut juga disesuaikan dengan losion teratai empat daun yang diartikan sebagai bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Pola-pola ini biasanya disebut berdasarkan ukuran atau bentuk pola tertentu.

Motif ceplok

Pola Ceplok merupakan pola yang didalamnya terdapat gambar berupa lingkaran, binatang, cocktail dan beberapa variasi. Bayangan terletak pada bidang yang pada dasarnya berbentuk seperti persegi, lingkaran dan lain-lain yang memiliki bentuk geometris. Hiasan pada motif menggambarkan bunga tampak depan, buah dipotong secara horizontal. Bunga dan daun dibentuk dalam bentuk mawar, dan hewan disusun dalam lingkaran membentuk lingkaran atau persegi panjang. Nama ceplok dibentuk dari berbagai sudut pandang, misalnya berdasarkan ragam hias yang digunakan sebagai bunga jeruk ceplok, manggis ceplok, salak sategal ceplok, supit urang ceplok, cakar ayam ceplok, gandosan ceplok, kembang sepatu ceplok, ceplok lung slop dan sebagainya. . Ada juga yang berdasarkan tempat asal motif tersebut. Dan akhirnya berdasarkan nama penciptanya yaitu Ceplok Pubonegoro, Madu Sumirat Ceplok, Ceplok Sirat Madu, Ceplok Cokrokusumo.

Motif Tambal

Motif batik tambal memiliki unsur motif adat ceplok, parang, meru, dll. Dengan ciri khas kerokan yang biasanya dipakai sebagai kain panjang. Filosofi motif ini adalah menambal, artinya menambah keceriaan baru dan orang percaya jika orang sakit menggunakan kain ini sebagai selimut, rasa sakitnya akan cepat sembuh.

Motif satwa wana

Motif Satwa Wana memiliki motif Wana Satwa yang artinya berbagai jenis binatang yang ada di hutan yang biasanya berisi gambar gajah, burung merak, anak ayam, kupu-kupu, harimau, rusa, kambing, sapi dan lain-lain. Selain binatang, ada juga tumbuhan yang tertata rapi dan detail sehingga bisa memenuhi hampir semua bidang kain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *